Home > Demokrasi > Sejarah Reyog Ponorogo

Sejarah Reyog Ponorogo


Mari kita ulas sekilas tentang Reyog Ponorogo,

Warok perdana dalam sejarah ponorogo adalah almarhum Ki AgengKutu ..beliau seorang mantan punggawa kerajaan Majapahit yang membabad tanah Wengker (Ponorogo sekarang) beliau seorang pemimpin kademangan Suru Kubeng ( Desa Kutu sekarang) sebutan warok adalah sebutan bagi seorang pemimpin yang mebela rakyat dari ketertindasan,baik ekonomi maupun sosial…memang warok zaman dahulu erat dengan dunia supranatural tapi warok dalam peransialnya lebih ke pengabdian masyarakat contoh ki ageng kutu yang menciptakan kesenian reyog ponorogo adalah bentuk kritikan kepada penguasa Majapahit……warok boleh dari agama manapun dan dari masyarakat manapun yang penting peranya bermanfaat positif bagi masyarakat…..

Sebenarnya cerita Prabu Klono Sewandono hanyalah karakter tambahan saja, yang diandalkan ketampanan dan kegagahan. Wallohu A’lam selama ini bahwa peran utama cerita reog adalah Klono Sewandono. Padahal pendiri reog saja Ki Ageng Kutu malah gak ada diperankan dalam pementasan reog… apa kata dunia

Advertisements
  1. August 10, 2011 at 12:16 pm

    lha yang pentas kan Klono Sewandono,,, jadi Ki Ageng Kutu yang gak mentas sob… hehehe…

  2. August 10, 2011 at 1:47 pm

    itu kan yang pentas orang lain tapi pake topeng klono sewandono

  3. August 10, 2011 at 3:57 pm

    mantep crot………

    • August 11, 2011 at 11:04 pm

      mantab apanya gan

  4. August 10, 2011 at 10:55 pm

    terus kalo yg di negara sebelah, kisahnya gimana ya? 🙂

    • August 11, 2011 at 8:18 am

      ya kasihan aja gan, selamat datang gan

  5. August 11, 2011 at 8:15 pm

    Oh… nulisnya “reyog” ya? Kalo yang saya tau di Sunda mah “réog”. Beda dikit :))

    • August 11, 2011 at 11:06 pm

      wah masalah tulisan biasa yang penting kesenian yang satu ini kita jaga dan lestarikan selamat datang gan di blog eke 😀

  6. August 13, 2011 at 10:31 am

    mas mas klo ada pementasan ato perayaan reog di ponorogo kasih kabar yakkkkk… pengen lihatttttt oii

    • August 14, 2011 at 8:38 am

      iya gan, sampean mana gan aslinya n salam kenal aja ya gan

  7. August 14, 2011 at 5:11 am

    ini pk gigi ya ngangkat reognya itu weh hebat

    • August 14, 2011 at 9:54 am

      aku itu gan kwkwkwkwkwk 😀

  8. August 15, 2011 at 10:56 am

    waaah, yang main reog emang hebat ya, kuat-kuat staminanya.

    • August 24, 2011 at 8:27 am

      iya lah ponorogo gtu hehehehee

  1. No trackbacks yet.

enter your comments and suggestions for life

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s