Home > News >


Ponorogo sebenarnya banyak wisata mistisnya, akan tetapi banyak orang yang belum tahu beberapa wisata di Ponorogo diantaranya beji. Beji adalah sebuah kedungan/kolam dimana pinggirnya dibangun dengan plengsengan contohnya saja di kecamatan Sambit kabupaten Ponorogo terdapat beberapa beji di antaranya beji Sirah Keteng dimana terletak di desa Bedingin, Beji Sumber Gondang di desa Maguan, Sumber Beji juga di desa Maguan, dan beji Cangkring ada di desa Nglewan Sambit Ponorogo.

Dimana semua itu mengandung prasejarah:

Beji Sirah Keteng, merupakan suatu kolam yang seluas kurang lebih 1 hektare. didekat kolam juga terdapat sebuah arca manusia raksasa. penduduk setempat menamakan arca “Ratu Boko“. Konon, Kolam Beji Sirah Keteng merupakan tempat pemandian Ki Ageng Kutu atau Ki Ageng Suryo Ngalam, dan menurut warga setempat, arca tersebut merupakan penggambaran kepalaPrabu Ratu Boko, raja raksasa yang suka memakan daging manusia, yang tewas di tempat tersebut oleh seorang sakti mandraguna bernama Ki Ajar Prono. Konon beji tersebut ada sebuah urung jalan air dimana itu tembusan dari segoro kidul, memang itu dibuktikan dengan membuang merang dari sebuah aliran sungai dari laut selatan dan ternyata tembus sampai beji. wallohu ‘alam

Beji Sumber Gondang merupakan kolam yang berbentuk melingkar dmana ditengah-tengahnya terdapat pulau yang terdapat tumbuhan trembesi dan ringin yang sangat lebat dan rindang, konon bagi yang memotong pohon tersebut akan mendapat musibah bahkan mati sekaligus. dulu ada yang memotong kayu disatu selang beberapa hari oarang tersebut sakit dan mati dan juga seorang kamituwo dusun krajan juga begitu sakit setelah memotong pohon di tengah pulau beji tersebut dan akhirnya pohon yang ditebangnya dikembalikan lagi ke beji (kayunya) dan tak lama sembuh, wallohu a’lam. Dan di beji ini setiap bulan Selo mengadakan ritual bersih beji kemudian menyembelih kambing dan kepala kambing di lempar ke tengah-tengah beji, dan terakhir kenduri di beji tersebut, ritual ini di desa Maguan dinamakan Selan.

Sumber Beji, ini juga terdapat di Maguan beji ini lebih luas dari sumber gondang, tapi ditengah beji terdapat sebuah bentuk kolam persegi berukuran sekitar 2×2 meter persegi dan sebuah anak kolam kecil seperti lumpang. konon kolam tersebut di jajaki kedalamannya gak sampai-sampai dan sumbenya gak habis-habis, padahal pas bejinya surut di sedot pake disel airnya tetap dan gak berkurang, kono menurut cerita sesepuh desa tersebut kolam tersebut masih menjalur ke laut kidul sana, wallohu ‘alam

Beji Cangkring, terdapat di desa Nglewan dimana beji ini berbentuk lingkaran tapi lebih kecil terletak di pinngir sawah Nglewan, beji ini gak pernah kering walau musim kemarau dan banyak ikan disana.juga terdapat tanaman air disana. untuk info beji cangkring menyusul soalnya saya belum banyak mengerti sejarah beji ini.

sekilas info wisata alam di Ponorogo semoga mendapat perhatian masyarakat dan pemerintah Ponorogo dan pusat. Dan kini beji2 di Sambit ini juga dibikin wisata pemancingan.

Advertisements
  1. August 15, 2011 at 10:07 am

    Walau Ponorogo dekat dengan kotaku, Madiun, aku jarang banget ke Ponorogo.. jadi kurang familiar dg wisata yg ada disana.
    BTW makasih informasinya ya.

  2. August 17, 2011 at 2:49 pm

    saya malah belum pernah kesitu mas, padahal saya sendiri orang ponorogo hehehe

  1. February 28, 2012 at 3:37 am
  2. March 9, 2012 at 4:00 pm
  3. March 9, 2012 at 4:10 pm
  4. March 9, 2012 at 4:25 pm
  5. March 9, 2012 at 8:31 pm
  6. March 9, 2012 at 9:30 pm
  7. March 9, 2012 at 9:56 pm
  8. March 10, 2012 at 3:34 am
  9. March 10, 2012 at 4:01 am
  10. March 10, 2012 at 4:38 am
  11. March 10, 2012 at 6:16 am
  12. March 10, 2012 at 8:40 am

enter your comments and suggestions for life

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s